Selamat Datang di Akun Resmi KMTE FT UMS. KMTE (Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro) UMS adalah organisasi mahasiswa tingkat jurusan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. KMTE didirikan pada 15 Oktober 1993 di Surakarta. Mabes KMTE berada di Gedung F lantai 1 Fakultas Teknik kampus 2 UMS.

Rabu, 30 September 2020

PERISTIWA G 30 S PKI "Menolak Lupa Pemberontakan Bangsa"


[30 September 2020]

G 30 S PKI adalah sebuah peristiwa yang terjadi selewat malam pada tanggal 30 September sampai awal bulan selanjutnya 1 Oktober tahun 1965 ketika tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang yang lain dibunuh dalam suatu usaha kudeta. 

Latar belakang terjadinya G 30 S PKI adalah dikutip dari jurnal Gerakan 30 September 1965 Dalam Perspektif Filsafat Sejarah Marxisme karya Harsa Permata, menurut versi Orde Baru, PKI merupakan dalang di balik peristiwa G30S PKI. PKI diyakini ingin merebut kekuasaan dan mengubah haluan negara Indonesia dari Pancasila menjadi Komunis. Salah satu bagian dalam buku Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia: Latar Belakang, Aksi, dan Penumpasannya yang diterbitkan oleh Sekretariat Negara Republik Indonesia di era Orde Baru berbunyi: “Pada tanggal 4 Oktober 1965 itulah diketahui untuk pertama kalinya kejelasan mengenai Gerakan 30 September tersebut. Gerakan itu ternyata terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI), yang sejak tahun 1951 membangun kembali kekuatannya setelah terlibat dalam pemberontakan terhadap Republik Indonesia dalam bulan September 1948 di kota Madiun, Jawa Timur”.

Regards KMTE 2020

Share:

2 komentar:

Definition List

Unordered List

Support